Rabu, 27 Desember 2017

Cara Membuat Stik Ubi Ungu Enak dan Renyah

Cara Membuat Stik Ubi Ungu (Purple Cassava Sticks) Enak dan Renyah

Stik ubi ungu adalah salah satu jenis resep cemilan yang mudah dibuat. Kita semua tentunya sudah mengenal keberadaan ubi ungu. Ubi dengan warna ungu ini dikenal juga sebagai telo. Ubi ungu memiliki rasa manis yang enak. Olahan dari ubi ungu ini juga cukup banyak dan telah dikenal oleh masyarakat sejak dahulu. Misalnya seperti bakpau telo, keripik, dan hingga stik ubi ungu.


Bagi anda yang merasa penasaran dan ingin membuat cemilan yang satu ini di rumah, berikut ini adalah resep stik ubi ungu yang mudah dan sederhana.

Bahan untuk Membuat Stik Ubi Ungu:
  • Tepung terigu sebanyak 1 kg
  • Ubi ungu sebanyak 1 kg, dikukus dua kali
  • Tepung sagu sebanyak 125 gram
  • Garam sebanyak 2 sdt
  • Gula pasir sebanyak 3 sdm
  • Telur sebanyak 5 butir
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Stik Ubi Ungu:

  1. Haluskan ubi ungu yang sudah direbus sebanyak dua kali.
  2. Campurkan ubi ungu yang sudah halus bersama dengan terigu, tepung sagu, garam, gula, dan telur. Aduk rata dan uleni hingga kalis.
  3. Giling adonan dengan menggunakan gilingan mie hingga mencapai ketebalan 0,3 cm.
  4. Potong-potong adonan degnan menggunakan gilingan mie juga. Pakai ukuran potongan mie paling besar.
  5. Tahapan selanjutnya adalah menggoreng. Goreng stik ubi ungu dalam minyak panas dengan menggunakan api kecil hingga matang dan renyah.
  6. Dinginkan stik ubi ungu. Lalu simpan dalam toples agar tidak mudah melempem.

Resep stik ubi ungu di atas menghasilkan cukup banyak stik. Jika anda tidak ingin membuat terlalu banyak, maka silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Stik ubi ungu ini menjadi salah satu cemilan praktis yang mudah untuk dibuat. Selain itu bisa dihidangkan kapan saja. Ditemani dengan teh manis hangat atau es jeruk.

Stik ubi ungu bisa dihidangkan ketika ada tamu yang berkunjung ke rumah, atau untuk cemilan di rumah. Proses pembuatan stik ubi ungu akan terasa mudah jika anda mengikuti proses yang ada step by step. Pastikan juga untuk menyimpan stik ubi ungu dalam toples agar tidak mudah melempem ketika terkena angin. Semoga resep cemilan kali ini dapat berguna dan berkenan untuk anda semua. Selamat mencoba resep stik ubi ungu di rumah.

0 komentar:

Posting Komentar